Minggu, 08 April 2012

Messi Masuk ‘Klub 60 Gol’




Lionel Messi lagi-lagi bikin torehan khusus. Dengan sepasang golnya ke gawang Real Zaragoza maka bintang Barcelona itu sudah mengemas 60 gol musim ini, sebuah kisaran jumlah yang kali terakhir ditembus oleh der Bomber, Gerd Mueller.
Messi menyumbang dua gol dalam kemenangan 4-1 Barca atas tuan rumah Zaragoza di Estadio La Romareda, Minggu (8/4/2012) dinihari WIB.
Tambahan dua gol tersebut bikin torehan gol Messi di La Liga Primera kini jadi 38 gol. Selain itu, ia juga menggenapkan total 60 gol di seluruh kompetisi resmi Barca musim ini.
Penyerang legendaris asal Jerman, Gerd Mueller, adalah pemain terakhir yang bisa menembus kisaran “kepala enam” tersebut dalam satu musim. Ia melakukannya pada musim 1972-73 untuk Bayern Munich dengan 67 gol.
Bukan tidak mungkin di sisa musim ini Messi malah akan bisa melewati torehan gol Mueller dalam satu musim tersebut mengingat Barca masih menyisakan setidaknya 10 pertandingan musim ini; tujuh laga La Liga, dua leg semifinal Liga Champions, dan satu partai final Copa del Rey.
Di usia yang baru menginjak angka 24, Messi sudah mencatatkan sederet rekor. Bulan lalu si pemain Argentina menjadi topskorer sepanjang masa di kompetisi resmi Barca dengan 240 gol, mematahkan rekor berusia 60 tahun milik Cesar Rodriguez dengan 232 gol. Di momen yang sama, ia juga menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol di satu partai Liga Champions.
Gol pertama Messi sendiri untuk Barca lahir pada 1 Mei 2005 lalu, ketika ia masih berusia 17 tahun, 10 bulan, dan 7 hari. Gol itu lahir di laga La Liga lawan Albacete di Camp Nou.
Reuters mencatat, Messi menjadi pemain kelima dalam sejarah yang bisa bikin 60 gol atau lebih dalam satu musim, di sebuah kompetisi papan atas Eropa. Messi menjadi anggota baru setelah nyaris 40 tahun, tepatnya 39 tahun, jajaran elit itu hanya berisikan empat orang. (sport)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar